Home » » Bantu Air Menuju Tempat Peristirahatannya

Bantu Air Menuju Tempat Peristirahatannya

Written By anam-ku on Kamis, 22 Oktober 2015 | Kamis, Oktober 22, 2015


Banjir itu musibah sekaligus berkah bagi yang bisa mengambil pelajaran dari dari kejadian ini. Sudah sepatutnya manusia bersyukur telah dibekali akal dan pikiran. Potensi tersebut akan melahirkan ilmu pengetahuan dan sejumlah disiplin ilmu, termasuk teknologi yang dapat menyingkap rahasia dan misteri fenomena alam dan isinya, termasuk banjir.

Menurut Wikipedia, banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Aliran air yang diakibatkan hujan deras meluapkan air sungaidan menjebolkan tanggul sungai hingga air membanjiri daratan. Banjir juga bisa terjadi karena curah hujan malampaui kemampuan tanah untuk menyerapnya. Ini bisa terjadi karena permukaan tanah tertutup oleh lapisan beton atau lapisan keras lainnya. Akibatnya air tidak bisa masuk ke dalam tanah untuk beristirahat. Tiadanya lahan hijau sebagai resapan tanah juga berakibat air langsung saja meluncur tanpa penghalang alami.


Sebenarnya, banjir itu sebuah bentuk protes alam pada kita karena kesewenang-wenangan manusia memperlakukannya. Kurangnya pemanfaatan air juga dianggap pemicu terjadinya banjir.Pendek kata, memubadzirkan dan tidak bisa menyimpan anugerah ini sebagai cadangan sumber kehidupan kelak dengan membiarkan air mengalir begitu saja.

Bantu Air Menuju Tempat Peristirahatannya.
Pernahkan merasa uring-uringan karena istirahat Anda terganggu ? Karena tidak ada fasilitas yang cukup memadai, kamar sumpek, ruangan bising, misalnya. Begitu juga makhluk lain baik yang bernyawa maupun tidak. Semua butuh diakui dan dihormati eksistensinya.

Kesadaran akan tanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan adalah satu-satunya jawaban cerdas mengurangi dampak kemarahan air pada manusia. Banyak hal yang dapat kita lakukan, antara lain:

  • Jangan tebang satu pohon pun di pekarangan rumah kita, buat lobang biopori untuk membantu air masuk ke dalam tanah dan jangan sembarangan membuang sampah anorganik.
  • Ajari anak-anak kita untuk mensyukuri setiap anugrah yang diberikan Allah, dengan cara memanfaatkan setiap tetes air sebaik-bauknya.
  • Berdo’alah setiap saat turun hujan dengan khusuk agar hujan memberi manfaat bukan madharat pada kita. Kalau Anda beragama Islam bacalah do’a ini: “Allahumma shoyyibannafian.”
Sebagaimana manusia, banyak makhluk lain yang juga membutuhkan air. Oleh karena itu jangan serakah dan menghalang-halangi mereka mendapatkan haknya dengan cara menutup akses menuju ruang-ruang kehidupan mereka.

Jangan memungkiri bahwa kebahagiaan, kesejahteraan dan kedamaian hidup Anda sebenarnya adalah hasil kerja keras makhluk lain. Dengan cara bertasbih tiada henti mereka mendo’akan bahkan sampai kita mati kelak. Rumput, pepohonan, bunga-bungaan di sekitar pusara kita senantiasa bertasbih meringankan dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Dari uraian di atas, masih tegakah kita tidak berkompromi dengan alam dan seluruh isinya ? Semoga tulisan ini menjadi bahan renungan betapa tak berdayanya kita tanpa dukungan dari alam sekitar.

Sumber : Icha
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Anamku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger